Blog Bacadisini memberikan informasi Mengenai Al Quran Dan Doa Doa. Ayat Kursi, Asmaul Husna, Surat Yasin,Kata Kata, Kata Kata Mutiara, Kata Kata Bijak, Kata Kata Cinta, Puisi Cinta, Pantun Cinta, Makalah, Contoh Surat, Contoh Surat Lamaran Kerja, Contoh Proposal, Harga Terbaru Tahun 2019

Advertisement

Contoh Surat Penawaran Yang Baik dan Benar

Advertisement
Contoh Surat Penawaran Yang Baik dan BenarSurat penawaran Merupakan surat yang berisi tentang penawaran suatu barang atau jasa yang ditujukan kepada perseorangan atau instansi perusahaan atau yang disebut surat jual. Tujuan dari Contoh Surat Penawaran ini berguna untuk menawarkan barang kepada pembeli. Atau dengan kata lain, surat penawaran juga bisa juga dianggap surat yang menawarkan kerjasama.


Ada tiga hal yang perlu diperhatikan tentang Surat penawaran yakni:

1. Surat tawaran adalah surat yang dikeluarkan oleh penjual kepada calon pembeli, yang berisikan informasi tentang perusahaan penjual agar dapat diketahui oleh calon pembeli.

2. Maksud pengiriman surat adalah agar calon pembeli memberikan sambutan yang baik sehingga pengenalan itu akan berlanjut menuju proses transaksi.

3. Surat tawaran terdiri atas tiga bagian ialah alinea pembukaan, isi, dan penutup. Karena surat tawaran adalah bagian dari komunikasi tertulis, sebagaimana surat yang lain, penggunaan bahasa tulis sangat perlu diperhatikan.

Dalam hal Isi dan Kalimat setidaknya ada 3 informasi yang dicantumkan oleh perusahaan sebagai penjual dalam surat penawarannya kepada calon pembeli / Client :

1. nama perusahaan, bidang usaha, atau kegiatan.

2. gambaran kemampuan yang dimiliki, tenaga ahli, dan peralatan yang dipergunakan.

3. pekerjaan/proyek yang telah ditangani, harapan, dan prospek yang dikehendaki oleh penjual.

Sedangkan jika Untuk memperkenalkan/menawarkan kepada instansi pemerintah surat :

harus dilampiri tanda daftar rekanan (TDR), surat izin usaha perdagangan (SIUP), dan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Jadi, surat tawaran (surat jual)
adalah surat dari penjual kepada calon pembeli yang isinya menawarkan barangatau jasa.

Perlu diperhatikan dalam penulisan Surat Penawaran hendaknya menyatakan :
a. jenis barang
b. banyaknya
c. keterangan teknis
d. harga satuan

Cara penulisan surat Penawaran Barang atau Jasa
1. Alinea pembuka berisikan

a. pemberitahuan tentang hasil produksi atau telah dibukanya supermaket dan lain-lain.

b. sehubungan dengan iklan yang dibaca atau sehubungan dengan kelanjutan pembicaraan.

2. Surat penerangan berisikan informasi lengkap tentang barang yang ditawarkan dan ditujukan untuk memberikan keyakinan.

3. Alinea penutup berisi imbauan untuk mengadakan hubungan selanjutnya.

Contoh Surat Penawaran Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penawaran Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penawaran


Kepada YTH
Toko :
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : Daftar Jenis dan Harga Barang
Dengan hormat,
Berkaitan dengan usaha Bapak/Ibu dalam bidang perdagangan retail perlengakapan wanita, maka bersama ini kami ajukan penawaran pembuatan barang berupa tas wanita berkualitas produksi kami untuk diperdagangkan di toko Bapak/Ibu.
Bersama ini pula perlu kami sampaikan bahwa produk kami yang berupa tas, sepatu, pakaian dan perlengkapan wanita lainnya merupakan produk berkualitas karena telah berpengalaman sejak tahun 1986. Saat ini produk kami telah memiliki pangsa pasar yang luas, tersebar di toko-toko retail di 5 kota di seluruh Indonesia, seperti Medan, Padang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, dengan harga jual yang kompetitif. Untuk spesifikasi yang lebih jelas mengenai produk kami, bersama surat ini kami sampaikan pula brosur produk kami tersebut.
Demikian Penawaran barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih
Hormat Kami,
( Nama Lengkap )

Contoh Surat Penawaran Barang


Magelang 12 Juli 2016
Kepada Yth,
PT.Nagrak Jaya
Di - Tasikmalaya
No : 033/PNWRN/2016
Hal : Penawaran Barang
Lampr : 3 Berkas
Dengan Hormat
Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Sejalan Bersama yang beralamat di Jln. Melati no 21 Tasikmalaya. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang peralatan kantor dan sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di kota Tasikamalaya dan kota - kota besar lainnya di wilayah Indonesia
Sesuai informasi yang kami peroleh, PT.Nagrak Jaya merupakan perusahaan yang menjual berbagai peralatan kantor yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan peralatan kantor dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas yang terjamin.
Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok barang peralatan kantor di PT.Nagrak Jaya. Harapan kami penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk jalinan kerjasama sehingga bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan daftar harga produk peralatan kantor yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut kapan saja.
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian yang di berikan dan kerjasamanya kami sampaikan banyak banyak terima kasih
Hormat Kami

PT. MaduSegar
Baca juga :
Contoh surat Lamaran Kerja
Demikianlah Sedikit informasi mengenai Cara Membuat Contoh Surat Penawaran yang dapat kami sampaikan, Semoga dengan Contoh Surat di atas bisa menjadi referensi bagi sahabat semua ketika membuat surat penawaran, Semoga Bermanfaat. 
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top
close