Blog Bacadisini memberikan informasi Mengenai Al Quran Dan Doa Doa. Ayat Kursi, Asmaul Husna, Surat Yasin,Kata Kata, Kata Kata Mutiara, Kata Kata Bijak, Kata Kata Cinta, Puisi Cinta, Pantun Cinta, Makalah, Contoh Surat, Contoh Surat Lamaran Kerja, Contoh Proposal, Harga Terbaru Tahun 2019

Advertisement

Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar

Advertisement
Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar Surat pernyataan merupakan sebuah surat yang dibuat dalam rangka untuk membuat keterangan tentang kesanggupan untuk melakukan sesuatu. Selain itu surat pernyataan juga biasa digunakan untuk menerangkan bahwa orang atau kelompok tersebut pernah melakukan sesuatu atau sebaliknya.

Surat pernyataan biasanya dilengkapi dengan meterai enam ribu atau hanya sekedar tanda tangan biasa. Untuk surat yang bersifat resmi dan penting biasa wajib menggunakan meterai. Surat pernyataan bisa dibuat sendiri untuk menyatakan suatu kesanggupan untuk melakukan hal tertentu, atau dibuat oleh pihak ketiga yang memberikan keadaan orang yang ada di dalam surat tersebut.

Ada beberapa hal yang harus Sahabat perhatikan Ketika sedang cara membuat Surat Pernyataan : 

1. Menentukan jenis pekerjaan yang akan kita ambil.
Seperti yang kita ketahui, Surat Pernyataan memiliki banyak jenisnya, dan kita harus menyesuaikan dengan jenis pekerjaan atau perusahaan yang akan kita ambil. 

2. Mengetahui permasalahan yang terdapat pada diri kita. 
Memang tidak semua Surat Pernyataan di buat untuk melamar pekerjaan, ada sebagian orang mempergunakan surat pernyataan untuk kepentingan pribadi atau beberapa orang terkena masalah dan harus membuat sebuah surat pernyataan. 

3. Menulis dengan baik dan benar,
Dalam menulis surat pernyataan sendiri ada kaidah-kaidah yang harus di lakukan misal dengan cara di tulis dengan kata kata yang baik, dan tegas serta kita bisa menunjukan tujuan utama kita membuat Surat Pernyataan ini untuk apa kepada orang orang yang kita tuju. 

4. Menulis dengan tulis tangan. 
Pada sebagian perusahaan ada yang mengharuskan menulis surat pernyataan dengan cara di ketik dengan komputer dan di print out, namun sebenarnya menulis Surat Pernyataan haruslah dengan cara menulis manual dengan tangan, rapih dan jelas, sesuai dengan kaidah menulis Surat Pernyataan. 

5. Jelas dan tidak membingungkan.
Pada dasarnya Surat Pernyataan di buat untuk menjelaskan kepada orang lain atau perusahaan tentang diri kita ini, dan memang membuat Surat Pernyataan harus tegas, jelas, dan tidak menyombongkan diri, sesuai dengan apa yang ada pada diri kita.

 Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar 

Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap :
Tempat / Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
No. KTP :
Alamat Lengkap :

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa :
1. Hingga saat ini saya tidak terikat kontrak atau ikatan kerja dengan perusahaan / instansi manapun.
2. Bersedia ditempatkan di cabang perusahaan manapun di seluruh Indonesia
3. Bersedia bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan
4. Tidak mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak dengan alasan apapun
5.Tidak akan mengambil cuti selama masa tugas

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari ternyata melanggar atau pernyataan ini tidak benar maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Legok Hangser, 01 Juli 2016
Yang membuat pernyataan, 

(materai 6000)

Nama Jelas

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

SURAT PERNYATAAN
Yang bertandatangan di bawah ini ,
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :
dengan ini menyatakan:
1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.
……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,
MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….

CONTOH SURAT PERNYATAAN JUAL BELI TANAH

SURAT PERNYATAAN JUAL BELI TANAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :Tempat / Tanggal Lahir :Jenis Kelamin :No. KTP :Alamat :
Selanjutnya disebut sebagai penjual atau pihak 1 (pertama )
Nama :Tempat / Tanggal Lahir :Jenis Kelamin :No. KTP :Alamat :

Selanjutnya disebut sebagai pembeli atau pihak II ( kedua )
Telah melakukan transaksi jual beli tanah yang telah disepakati kedua belah pihak dengan didampingi oleh saksi-saksi dari kedua belah pihak, bahwa :

1. Pihak I menjual sebidang tanah berikut segala yang ada di atasnya kepada pihak II dengan harga Rp. 500.000.000 ( lima ratus juta rupiah )
2. Tanah yang dimaksud adalah seluas 20 x 30 meter persegi, yang berkedudukan di kelurahan menteng, kecamatan tenggalo, kabupaten kendal dengan batas - batas sebagai berikut :
a. Utara berbatasan dengan ...........b. Selatan berbatas dengan .........c. Timur berbatasan dengan .......d. Barat berbatasan dengan ......
3. Tanah yang dimaksud berhak milik atas nama .....................
4. Pernyataan ini dibuat di depan saksi - saksi dan pejabat berwenang.
5. Pihak pertama telah membayar sesuai dengan harga Rp. 500.000.000 ( lima ratus juta rupiah )
6.Surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dalan keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun
7.Setelah melakukan pembayaran dengan ditanda tangani surat pernyataan ini , maka secara sah tanah dimaksud telah menjadi hak milik pihak II (kedua).
8.Surat pernyataan ini disepakati dan ditanda tangani di depan saksi-saksi dan pejabat berwenang dengan disertai materai pada hari ..... tanggal .......bulan ... tahun ..... di desa ... kecamatan .... kabupaten .....

Pihak II Pihak I
materai 6000( .......) (..........)

Saksi - saksi

Pejabat kelurahan , ... ( ......)Ahli waris I , ( ....)Ahli waris II, ( ....)
Baca Juga : 
Contoh Surat Lamaran Kerja
Sekianlah informasi yang dapat admin berikan mengenai Contoh Surat Pernyataan, Semoga menjadi refernsi contoh diatas dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top
close