Blog Bacadisini memberikan informasi Mengenai Al Quran Dan Doa Doa. Ayat Kursi, Asmaul Husna, Surat Yasin,Kata Kata, Kata Kata Mutiara, Kata Kata Bijak, Kata Kata Cinta, Puisi Cinta, Pantun Cinta, Makalah, Contoh Surat, Contoh Surat Lamaran Kerja, Contoh Proposal, Harga Terbaru Tahun 2019

Advertisement

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya

Advertisement
Bacaan Doa Untuk Orang Sakit  - Sahabat bacadisini.web.id yang dimuliakan oleh Allah SWT, pertama-tama mari kita panjatkan puja serta puji kehadirat Allah SWT, oleh karena-Nya kita masih diberi kesehatan jasmani dan kesehatan rohani, dengan sehatnya rohani, kita masih bisa menerima semua hidayah petunjuk dari Allah dan membenarkan serta meyakininya untuk menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya, serta sehatnya jasmani kita, dengan berusaha merealisasikan apa yang telah dibenarkan oleh hati kita dalam bentuk sikap taat kepada Allah SWT, yaitu menjalankan kewajiban dan sunnah serta menjauhi larangannya.

Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia, dan terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:
إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.
“Apabila seseorang menjenguk saudaranya Чαπƍ muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
عَائِدُ الْمَرِيْضِ فِيْ مَخْرَفَةْ الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجْعَ
Orang yang menjenguk orang sakit akan berada di kebun-kebun surga sampai ia pulang. [HR Muslim, no. 2568]. 
Terakhir, hendaknya orang yang membesuk mendoakan orang yang sakit:
لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ
“Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” (HR. al-Bukhari).
Atau doa:
أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)
Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA
Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).
Dalam riwayat lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwasanya : 
Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali
بِسْمِ اللهِ
BISMILLAH
Artinya: Dengan menyebut nama Allah
أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ
A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU
Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)

Untuk Orang yang Berkunjung ( Menjenguk )

  • Sebaikny a tidak berlama-lama dalam berkunjung
Dalam menjenguk atau berkunjung terhadap orang yang sakit maka hendaknya penjenguk tidak berlama-lama dalam berkunjung, serta carilah waktu yang tepat dalam menjenguk dan hendaknya orang yang berkunjung tidak merepotkan bagi orang yang sakit, bahkan hendaknya berupaya untuk menghibur dan membahagiakannya.
  • Menanyakan keadaan atau kondisi orang yang sakit
Hendaknya penjenguk dalam menanyakan keadaan dan penyakit yang dirasakan orang yang sakit mendekati orang yang sakit tersebut, seraya bertanya seperti menanyakan bagaimana keadaan mu?
  • Mendoakan kepada yang sakit semoga cepat sembuh

Dari Ibnu Abbas radhiyallohu’anhuma telah meriwayatkan bahwasannya Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam apabila menjenguk orang sakit, beliau mengucapkan :

لا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّه

“Tidak mengapa, semoga sakitmu menghapuskan dosa-dosamu insya Allah”

Dan ini adalah salah satu doa untuk orang sakit, serta lakukan berdoa untuknya tiga kali sebagaimana dilakukan oleh Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam.

Dalam hadits yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menjenguk orang sakit yang belum datang ajalnya lalu dia mengucapkan doa,

أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

“Aku meminta kepada Allah yang Maha Kuasa, Rabb al-’Arsy yang agung, agar memberikan kesembuhan kepadamu.”

Sebanyak 7 kali, niscaya Allah akan memberikan kesembuhan kepadanya.” HR. at-Tirmidzidan Abu Dawud dari sahabat Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.
  • Mengusap orang yang sakit dengan tangan kanan.
Sambil diusap dengan tangan kanan, mintalah kepada Allah, doa mohon kesembuhan untuk yang sakit dengan doa kesembuhan penyakit yaitu:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjenguk sebagian keluarganya yang sakit lalu beliau mengusap si sakit dengan tangan kanannya sambil membaca:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ، اشْفِ، أَنْتَ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
“Ya Allah, Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakit ini. Sembuhkanlah, Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan. (Maka) tidak ada obat (yang menyembuhkan) kecuali obatmu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” Muttafaqun ‘alaih
  • Mengingatkan orang yang sakit untuk senantiasa bersabar atas ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala
Untuk penjenguk disarankan untuk menasihati kapada yang sakit agar senantiasa bersabar, jangan mengatakan, “tidak akan cepat sembuh,” dan hendaknya tidak mengharapkan kematiannya sekalipun penyakitnya sudah kronis.
  • Hendaknya mentalqinkan kalimat syahadat bila (terlihat) ajalnya akan tiba.
Bila penjenguk melihat kondisi orang yang sakit dalam keadaan sakaratul maut, hendaknya menuntun yang sakit untuk mengucapkan kalimat ‘’Laa ilaha illallah’’ memejamkan matanya dan mendoakannya. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدِ الْخُدْرِيِّ يَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَقِّنُوْا مَوْتَاكُمْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

“Dari Abu Sa’id al-Khudri, ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Ajarkanlah ‘Laa Ilaaha Illallah’ kepada orang yang hampir mati di an-tara kalian.”

Baca Juga :
Doa Selamat
Doa Sholat Dhuha
Doa Sholat Tahajud
Demikianlah pembahasan mengenai Doa untuk Orang Sakit yang dapat admin berikan untuk kalian semua pada kesempatan kali ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan jangan lupa di baca ketika sedang menjenguk orang sakit. Mohon maaf bila ada kesalahan yang salah dari kebodohan admin dan yang benarnya datang dari Allah SWT dan Rasulullah SAWnya.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top