Blog Bacadisini memberikan informasi Mengenai Al Quran Dan Doa Doa. Ayat Kursi, Asmaul Husna, Surat Yasin,Kata Kata, Kata Kata Mutiara, Kata Kata Bijak, Kata Kata Cinta, Puisi Cinta, Pantun Cinta, Makalah, Contoh Surat, Contoh Surat Lamaran Kerja, Contoh Proposal, Harga Terbaru Tahun 2019

Advertisement

5+ Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Advertisement
Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat - Halo sahabat bacadisini.co.id yang berbahagia pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Contoh Teks Anekdot. Namun sebelum kami berikan contoh Teks Anekdot kami akn sedit menjelaskan pengertian Anekdot, struktur anekdot, unsur anekdot. Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin  merupakan pengalaman dari seseorang. Teks anekdot bertujuan untuk menghibur pembacanya. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa – peristiwa menarik, konyol, dan menjengkelkan, melainkan juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum.

Kata “anekdot” dalam (Yunani artinya “tidak diterbitkan”, secara harfiah “tidak
dikeluarkan”) berasal dari Procopius of caesaria, penulis biografi dari Justinan I, yang membuat sebuah karya yang bejudul anekdota, secara beragam diterjemahkan dengan memoar yang tak diterbitkan atau kisah rahasia, yaitu sebuah koleksi kejadian – kejadian singkat dari kehidupan pribadi dari istana bizatin. Secara bertahap, makna anekdot dipakai untuk setiap kisah singkat yang digunakan untuk menekan atau mengilustrasikan apapun poin yang si penulis inginkan.

Struktur Teks Anekdot

        Struktur teks anekdot dibagi menjadi 5 :

1.    Abstraksi
Pembuka Anekdot

2.    Orientasi
Suasana dalam Anekdot

3.    Krisis
Sindiran/kritikan yang berbau humor

4.    Reaksi
Tanggapan/respon

5.    Koda
Penutup Anekdot

Unsur Anekdot dibagi menjadi 6 :

1.  Judul
2.  Partisipan 
3.  Humor
4.  Sindiran/kritikan
5.  Singkat
6. Nyata

Unsur intrinsik 

Unsur intrinsik dalam teks anekdot dapat mempengaruhu secara langsung dari sebuah karya sastra. Yang dapat dibagi sebagai berikut :

1. Tema 
Tema ini bersifat implinsit, kita tau bahwa anekdot ceritanya sangat singkat dan habis dibaca sekali duduk dan dalam anekdot ini hanyalah memiliki satu tema utama tetapi ada juga anekdot yang memiliki satu atau dua subtema.

2. Alur 
Setiap cerita pasti ada yang namanya alur cerita. Didalam alur pengarang akan membawa pembaca ke permasalahan yang menjadi klimaks atau puncak dari permasalahan dan biasanya akan terrsampaikan suatu pesan dalam cerita anekdot tersebut. Pembagian alaur menurut urutan waktu adalah alur campuran (adanya perpaduan alur maju dan mundur), alur maju (alur yang dalam ceritanya bergerak mulai dari awal sampai akhir), dan yang terakhir adalah alur mundur (bersifat flashback).

3. Penokohan 
Seperti karangan narasi yang lain dlam anekdot juga terdapat penokohan. Dalam cerita anekdot biasanya tokoh yang terkenal adalah tokoh yang sudah banyak dikenali oleh public, bisa juga tokoh imajinatif (tidak nyata keberadaanya).

4. Latar 
Latar biasanya berupa latar waktu,latar tempat serta latar sosial budaya.

5. Sudut pandang 
Ada 3 macam sudut pandang yaitu 
- sudut pandang pertama : menggunakan kata ganti aku 
- ketiga : ia, dia, mereka dan nama tokoh
- campuran

Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat 

5+ Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat
JALAN DESA
Hari minggu ini udara segar di desaku. Semua anak desa merencanakan untuk bersepeda mengelilingi desa. Setelah adzan subuh berkumandang kami semua bernagkat bersama untuk pergi ke masjid di desa kami, melaksanakan shalat jamaah. Setelah melaksanakan solat berjamaah kami bersepeda bersama.Kami semua bersepeda sambil bercanda gurau bersama, saat sampai di jalan dekat sungai kami semua memutuskan untuk membasuh wajah sebentar, setelah itu kami bergegas untuk melanjutkan perjalanan kami. Sesampainya di pojok desa kami teringat kalau di depan rumah pak RT jalannya rusak, tapi kami tetap semangat dan tidak menghiraukan hal ini.

Setelah itu, sesampainya di jalan depan Pak RT, Udin berkata “Lo..gimana ni, kok bolong jalannya” ,lalu Joni menjawab “Bolongnya lebar lagi !” , “ya ni…. padahal di depan rumah pak RT ” kataku. “Din, di tasmu ada sabit ” tanya Ade. “Buat pa,kok tumben kamu tanya sabit ! ” kata Udin,lalu Ade menjawab “Buat tebang pohon pisang tanem di jalan yang bolong ni”. “Ada – ada aja kamu ni ” saut Joni. Ade kembali menjawab “Kayak di TV tu lo…kalo ada jalan bolong di tanemi pohon pisang aja”.Kemudian kami tertawa sambil bilang “OOO,gitu ya, haha,bagus juga ide kamu De”. Setelah itu kami ember jalan yang bolong ini pohon pisang di jalan ini. Kami semua langsung kabur dengan sepeda karena takut di marahi.
Selesai . . .
Abstraksi Hari minggu ini udara segar di desaku. Semua anak desa merencanakan untuk bersepeda mengelilingi desa.
Orientasi Kami semua bersepeda sambil bercanda gurau bersama
Krisis Udin berkata “Lo..gimana ni, kok bolong jalannya” ,lalu Joni menjawab “Bolongnya lebar lagi !” , “ya ni…. padahal di depan rumah pak RT ” kataku. “Din, di tasmu ada sabit ” tanya Ade. “Buat pa,kok tumben kamu tanya sabit ! ” kata Udin,lalu Ade menjawab “Buat tebang pohon pisang tanem di jalan yang bolong ni”. “Ada – ada aja kamu ni ” saut Joni. Ade kembali menjawab “Kayak di TV tu lo…kalo ada jalan bolong di tanemi pohon pisang aja”.
Reaksi “OOO,gitu ya” jawab kami semua.“haha,bagus juga ide kamu De”
Koda Setelah itu kami member jalan yang bolong ini pohon pisang di jalan ini. Kami semua langsung kabur dengan sepeda karena takut di marahi.
Dokter Petinju
Disuatu rumah sakit yang masih diragukan keberadaanya, terdapat seorang pasien yang sedang berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit yang sudah lama bersarang di tubuhnya."Dok, apakah penyakit saya bisa cepat sembuh?""Tentu bisa, kalau Anda berodat kesini, saya jamin 100% penyakit kamu akan segera sembuh,""Kalau begitu, saya berobat kesini ya dok,""Sip."

Setelah menjalani pengobatan, pasien diminta untuk menunggu beberapa hari supaya efek dari pengobatannya terlihat. Hari demi hari terus bergulir tanpa henti, sudah 1 minggu semenjak pengobatan itu dilakukan, tapi penyakitnya malah bertambah parah. Akhirnya yang pasien kembali menghadap sang dokter."Dok! Ini kenapa penyakit saya malah bertambah parah?""Sabar, yang menentukan sembuh dan tidaknyakan tuhan. Saya hanya berusaha,""Minggu lalu katanya 100% berhasil, mana buktinya?""Itukan minggu lalu, bukan sekarang, kalau sekarang beda lagi."

Sang pasien tidak bisa membalas ucapan sang dokter yang sudah lihay mengeles. Akhirnya yang pasien hanya bisa menyesali kedatangannya ke dokter yang mendapatkan uang lewat uang.

- Tamat -
BIAYA SEKOLAH
Kring…kring…kring…mungkin cukup aneh tapi ini adalah bel sekolah kami, mohon di maklumi ya. Waktu istirahat telah tiba semua siswa keluar dari markas masing – masing. 99 % menuju ke kantin, tetapi kami bertiga malah menuju ke taman sekolah yang berada di samping ruang guru inilah markas kedua kami. Kami menikmati suasana indah dunia ini bersama kupu – kupu yang lucu, bunga yang menakjubkan, dan kumbang yang genit. 

Kami tiba – tiba terpusat pada salah satu sepanduk yang ada di tembok sekolahku. Di sepanduk tersebut tertuliskan “Sekolah Gratis”. Kami semua berfikir , apakah sekolah itu benar – benar gratis atau tidak ya ?, kemudian kalau gratis kok, masih ada orang tua yang masih bingung memikirkan permasalahan biaya sekolah anaknya ya, apa karena memang masyarakatnya yang bodoh atau pemerintahnya yang bodoh atau masyarakat yang dibodohi pemerintah atau pemerintah yang di bodohi masyarakat. Setelah itu kami tertawa karena tingkah kami itu. Lalu Adi berkata “Sampek sekarang permasalahan yang berhubungan dengan sekolah memang tidak ada akhirnya ”. kami menjawab “ iyaa..”Kring…kring…kring bel tanda masuk kelas berbunyi. Kami semua masuk kelas untuk melanjutkan pelajaran selanjutnya.

Selesai . . .
Abstraksi Kring…kring…kring…mungkin cukup aneh tapi ini adalah bel sekolah kami, mohon di maklumi ya. Waktu istirahat telah tiba semua siswa keluar dari markas masing – masing
Orientasi Kami tiba – tiba terpusat pada salah satu sepanduk yang ada di tembok sekolahku. Di sepanduk tersebut tertuliskan “Sekolah Gratis”.
Krisis ”. Kami semua berfikir , apakah sekolah itu benar – benar gratis atau tidak ya ? kalau gratis kok, masih ada orang tua yang masih bingung memikirkan permasalahan biaya sekolah anaknya ya, apa karena memang masyarakatnya yang bodoh atau pemerintahnya yang bodoh atau masyarakat yang dibodohi pemerintah atau pemerintah yang di bodohi masyarakat.
Reaksi Sampek sekarang permasalahan yang berhubungan dengan sekolah memang tidak ada akhirnya .
Koda Kring…kring…kring bel tanda masuk kelas berbunyi. Kami semua masuk kelas unutk melanjutkan pelajaran selanjutnya.
KEGEMPARAN DI TENGAH MALAM
Tengah malam tepat jam 1.00 di Perkemahan Pramuka semua orang tertidur lelap. Tiba tiba Arni Terbangun dari tidurnya,entah mengapa dia meliahat bayangan seseorang yg sedang mengendap ngendap di dalam tenda menuju arah belakang tepatny di WC. Padahal pada waktu itu suasana sangat sunyi.Dengan suara yg berbisik bisik Arni membangunkan Temanya..’Ayoo bangun,Ada orang yang mencurigakan!”Seru Arni! Satu per satu orang yg ada di tenda bangun dengan keadaan panik termasuk sang pembina Pramuka!

Lampu di nyalakan,anak-anak sudah siap dengan posisi masing-masing! Pak Yudin dengan membawa Sapu “siapa di belakang situ?ayo keluar” kata sang guru sambil mengarahkan sapunya ke depan dgn posisi was was! Tak ad respon sedikitpun. Pak Yudin melangkahkan kakinya “ehh..siapapuna yg ada di situ ayo keluar!”seru pak Yudin.

Dengan perasaan takut dan merasa mendengar kegemparan di dalam tenda keluarlah Astan dengan perlahan-lahan dari balik meja yg di mana tempat itu adalah WC sambil mengangkat kedua tangannya,“Ini saya Pak!” Jelas Astan dengn muka polos. Anak-anak tercengang melihat itu dan tak lama gelak tawapun terdengar karena Astan adalah tmnya sndiri.“Apa yang kamu lakukan di situ?”tanya Pak Yudin. “Buang air kecil Pak” Jawab Astan.. “Trus knapa tdi sya suru keluar kamu tdk keluar?” Tanya Pak Yudin lagi! “Soalny saya juga takut Pak,jadi saya sembunyi di sini!”

Semua orng krmbali tidur dengn nyenyak
Presiden dan Burung Beo
Ada dua orang presiden yang terlibat dalam sesi tanya jawab dan suasananya cukup mengherankan.
Presiden 1: "Ada burung Beo yang sudah diajarkan dua bahasa sekaligus, dan burung Beo tadi bisa menirukan dengan bagus, satu bahasa Inggris dan yang ke dua bahasa Rusia. Jadi kalau ditarik kakinya yang kanan, burung Beo akan biacara bahasa Inggris dan kalau ditarik kakinya yang kiri burung Beo akan bicara bahasa Rusia, hebatkan!"
Presiden 2: "Hebat-hebat!"
"Bagaimana kalau kedua kakinya ditarik?" tanya presiden 1.
"Wah pasti burung Beo tadi bisa dua bahasa sekaligus!" jawab presiden 2.
"Salah".
"Oh mungkin dua bahasa tadi menjadi campur aduk!".
"Salah".
"Atau mungkin salah satu katanya akan ketukar, satu bahasa Inggris dan kata kedua bahasa Rusia".
"Salah".
"Loh ... jadi gimana donk?".
"Yang jelas kalau kedua kakinya ditarik, burung Beonya akan jatuh dari sarangnya, bego!".
"Eh jangan main-main ya, gini-gini gua presiden, walau hanya di rumah tangga, masa lu bilang bego!".
Dan tak lama kemudian pun burung Beo itu menirukan kata-kata tersebut.
"Presiden bego ... presiden bego ... presiden bego!" suara burung Beo terdengar berulang ulang.
Bodrex
Teks anekdot yang belum di sunting
Suatu hari di bulan puasa saat seorang kakek sedang puasa tiba-tiba kepalanya sakit,dengan panik si kakek langsung minum obat bodrex.
Cucunya yang melihat kejadian itu langsung itu langsung bertanya,”kakekkan puasa,kenapa minum obat?”
Si kakek langsung menjawab,”itulah okenya bodrex,bisa diminum kapan saja dan dimana saja!!!”
Teks anekdot yang sudah di sunting
Suatu hari di bulan puasa saat seorang kakek sedang puasa,tiba-tiba kepalanya sakit,dengan paniknya si kakek langsung minum obat bodrex.
Cucunya yang melihat kejadian itu langsung bertanya,”kakekkan puasa,kenapa minum obat?”.
Si kakek langsumg menjawab,”itulah okenya bodrex,bisa diminum kapan saja dan dimana saja !!!”’lalu si cucu pun tercengang dan si cucu pun pergi meninggalkan kakek.
Sekianlah informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini mengenai contoh teks anekdot. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi sahabat semua.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top